Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Potensi Budidaya Ikan Air Tawar

Ikan merupakan salah satu peluang usaha yang sangat baik. Di Indonesia yang terkenal sebagai negara maritim menyimpan sejuta potensi perikanan yang menjanjikan nilai rupiah. Tidak hanya melalui sektor kelautan, pengembangan usaha perikanan di darat juga menjadi sektor usaha yang semakin banyak dikembangkan.

Indonesia memang menyimpan sejuta keunikan, dengan wilayah yang luas dan iklim tropis menjadikan wilayah tercinta ini dihuni oleh beragam jenis makhluk hidup yang diantaranya aneka ragam ikan konsumsi.

Jenis Budidaya Air Tawar yang Menguntungkan dan Banyak Diminati, salah satu ikan konsumsi yang kian disoroti oleh masyarakat adalah komoditi nila, mas, dan lele. Ikan-ikan tersebut adalah ikan yang mulai sering menghiasi dagangan pasar ikan dan bahkan menjadi salah satu bahan olahan yang menunya mulai banyak dihidangkan oleh masyarakat.


Hal tersebut menjadi salah satu potensi usaha yang perlu untuk dikembangkan masyarakat. Potensi sumber daya ikan adalah salah satu bidang yang akan terus tersedia dalam jangka waktu lama. Pemenuhan bahan pangan menjadi salah satu alasan kuat untuk memulai bisnis melalui budidaya perikanan.

Potensi Budidaya Ikan Nila
Ikan nila merupakan komoditi budidaya ikan air tawar yang saat ini semakin giat dikembangkan. Ikan nila memiliki banyak keunggulan yang sangat disukai pembudidaya, diantaranya sifatnya yang mudah menyesuaikan dengan lingkungan budidaya, pertumbuhan yang relatif cepat, mudah dalam perkembangbiakan dan ketahanan terhadap kondisi lingkungan.

Permasalahan penting dalam budidaya perikanan adalah menghadirkan kondisi yang sesuai dengan lingkungan asli bagi ikan peliharaan didalam wadah budidaya yang dibuat. Lingkungan yang kondusif adalah faktor penting yang akan menunjang keberlangsungan budidaya ikan, disamping itu lingkungan yang baik akan menjadi faktor penentu keberlangsungan usaha budidaya dalam kurun waktu yang lama. Namun sebaliknya ketika usaha budidaya yang dilakukan justru tidak mampu menghadirkan kondisi lingkungan yang baik atau paling tidak mendekati kondisi lingkungan ikan maka akan berdampak pada kegagalan budidaya yang dilakukan.

Berdasarkan permasalahan tersebut ikan nila dipilih karena merupakan ikan yang sangat mudah menyesuaikan dengan kondisi lingkungan yang baru. Sehingga ikan nila menjadi komoditi yang paling umum dibudidayakan.

Disisi lain ikan nila merupakan ikan yang tergolong sangat mudah dalam berkembangbiak dan cepat dalam pertumbuhannya. Sehingga ikan nila kian menghadirkan potensi bisnis yang sangat menguntungkan karena dapat dilakukan dalam kurun waktu yang tidak begitu lama dan biaya pengeluaran untuk pemeliharaan yang lebih sedikit.


Ikan nila memiliki beberapa strain yang tersebar di perairan Indonesia, diantaranya nila hitam, nila merah bangkok, nila salin dan nila gesit. Namun salah satu strain yang cukup menjanjikan adalah ikan nila merah. Prospek pasar ikan nila merah bangkok hingga kini masih saja sangat menjanjikan. Peluang Pengembangan Usaha Nila Merah Bangkok terhadap permintaan pasar terus meningkat dikarenakan sifat dan kelebihan ikan ini. Sehingga demikian Prospek Pasar Ikan Nila Merah Bangkok akan menjanjikan input yang baik. Oleh karena itu Mengenal Ikan Nila Merah Bangkok Sebagai Prospek Agribisnis yang akan selalu dinanti dan diminati pembudidaya.

Potensi Budidaya Ikan Mas
Ikan mas merupakan ikan komoditi yang kian banyak dibudidayakan beriringan dengan budidaya ikan nila. Dalam balai-balai pemuliaan dan penyedia benih ikan air tawar komoditi nila dan mas merupakan biota yang sering dijumpai.


Ikan mas dapat dipelihara di media air tawar, namun dapat pula dijumpai pada perairan dengan salinitas rendah. Jenis-Jenis Media Budidaya Ikan yang ditemui dalam budidaya ikan di darat adalah air tawar dan payau. Nah salah satu yang mulai banyak dikembangkan adalah budidaya air tawar.

Pada beberapa daerah di Indonesia yang tidak berbatasan langsung dengan pesisir menjadikan komoditi air tawar sebagai peluang usaha budidaya yang kian menjanjikan. Budidaya Perikanan Sebagai Prospek yang Menjanjikan kian menghadirkan inovasi. Diantaranya budidaya ikan mas didalam kolam terpal. Tahapan Memulai Bisnis Budidaya Ikan Air Tawar di Kolam Terpal umunya tidak terlalu berbeda dengan budidaya ikan mas pada umumnya yang dilakukan di kolam tanah maupun kolam beton. Wadah terpal saat ini menjadi alternatif untuk budidaya yang lebih hemat, dengan pengontrolan yang lebih mudah. Namun pengembangan budidaya ikan di kolam terpal perlu perhatian khusus, terutama bila komoditi yang digunakan adalah ikan mas. Mengingat sifat-sifat alami ikan mas, sehingga penggunaan terpal kadang dilakukan pada ikan lele dan ikan nila.

Ikan sebagai objek budidaya sebenarnya menjanjikan keuntungan yang melimpah jika dikembangkan dengan baik. Saat ini budidaya ikan mas yang lagi tenar adalah budidaya kolam air deras. Ikan mas yang dipelihara dalam kolam air deras menunjukkan ikan yang lebih sehat dalam pemeliharaan dan pertumbuhan yang lebih baik.

Potensi Budidaya Ikan Lele
Ikan lele adalah ikan yang mulai banyak kembali dibudidayakan dan dikembangkan oleh oknum pelaku budidaya. Dulunya anggapan masyarakat bahwa ikan ini adalah ikan kotor sehingga membuat minat beli untuk ikan ini pun kian merosot. Namun melalui penangan budidaya yang tepat ikan lele mulai kembali banyak diminati oleh masyarakat.


Untuk memulai bisnis dibidang budidaya perlu adanya persiapan yang matang. Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Memulai Usaha adalah modal, jenis usaha, pemilihan lokasi, apa yang akan dilakukan dan sarana prasarana. Khusus dalam bidang budidaya modal, lokasi, dan sarpras sangat perlu untuk diperhatikan.

Budidaya ikan lele dapat dilakukan di kolam tanah, terpal, bioflok, dan kolam beton. Nah pengembangan budidaya ikan lele terus dilakukan dengan memanfaatkan beberapa jenis wadah tersebut. Pengolahan yang tepat dan metode yang baik akan mampu menghasilkan ikan lele dengan hasil yang pastinya memuaskan.

Post a Comment for "Potensi Budidaya Ikan Air Tawar"