Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Ikan Cupang (Betta sp.) Serta Fakta Uniknya

 Tahukah sobat dengan ikan cupang ? ikan cupang merupakan salah satu ikan yang sangat banyak dicari oleh peminat ikan hias. Sangat mudah untuk mengenal ikan cupang dengan bentuk tubuh yang kecil namun memiliki sirip dan ekor yang melebar. Ditambah lagi dengan warna mencolok pada tubuh yang membuatnya sangat eksotis.

Ikan hias cupang tergolong ikan yang sangat elok dipandang sehingga cocok dipilih untuk mengisi akuarium. Peminat ikan cupang sangat banyak, bahkan ini ini telah dijual hingga ke berbagai negara.

Mengenal Ikan Cupang (Betta sp.)

Asal Usul Ikan Cupang

Ikan cupang hidup di air tawar dengan daerah penyebaran di beberapa negara asia tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Brunei, Vietnam dan Singapura. 

Ikan cupang terkenal sangat teritorial dan bersifat agresif jika ada ikan lain yang memasuki teritorialnya. Di kalangan penggemar sifat ikan ini sangat banyak disukai, tak heran ada saja kontes untuk adu kuat ikan cupang.

Penyebaran ikan cupang banyak ditemukan di area sungai berair tenang, pengairan, area rawa dan danau. Ikan ini bahkan kerap dijumpai pada saluran air. Untuk kemampuan bertahan hidup ikan ini memang tergolong kuat, sebab dalam kondisi minim oksigen dan pakan pun masih bisa hidup.

Klasifikasi Ikan Cupang

Ikan Cupang dalam taksonomi menurut Rainboth (1996) dapat diklasifikasikan dalam :

Kingdom        : Animalia
Phylum           : Chordata
Classis            : Actiopterygii
Ordo               : Perciformes
Familia           : Osphronemidae
Genus             : Betta
Species           : Betta splendens R

Ciri khas ikan ini adalah sifatnya yang sangat agresif terhadap wilayah teritorialnya. Disamping itu warnanya juga sangat menarik.

Jenis-Jenis Ikan Cupang

Para pecinta ikan cupang mengelompokkan ikan ini kedalam 3 kelompok yaitu Ikan cupang hias, ikan cupang aduan dan ikan cupang liar.

Selain itu ikan ini memiliki banyak jenis. Diantaranya : 

  • Ikan cupang halfmoon 
  • Ikan cupang serit
  • Ikan cupang black samurai
  • Cupang galaxy
  • Ikan Cupang slayer
  • Cupang black mamba
  • ikan cupang emerald
  • ikan cupang kuping gajah
  • ikan cupang red dragon
  • dan masih banyak jenis lainnya...

Memang ada beragam jenis ikan cupang yang beredar. Silahkan sobat tambahkan di kolom komentar jika tahu..

Mengenal Ikan Cupang (Betta sp.)

Fakta Unik Ikan Cupang

Bagi sobat pecinta ikan cupang wajib untuk mengetahui fakta unik tentang ikan ini. Apa sajakah itu ?

  1. Ikan Cupang terdiri atas 70 spesies di dalamnya.
    Jika saja diamati ikan cupang dari berbaga daerah maka tentunya akan ada banyak perbedaan. Mulai dari warna, corak tubuh, bentuk sirip dan ekor serta ukurannya.

  2. Berasal dari Asia Tenggara.
    Dimanapun sobat berada jika menemukan ikan cupang yakinlah asal muasal ikan ini tidak lain dari kawasan Asia Tenggara. Karena sangat menarik dan cantik ikan memiliki banyak peminat dan akhirnya dikenal di banyak negara. ya ikan berhasil mendunia.

  3. Ikan agresif dan sangat teritorial
    Selain nama cupang ikan ini juga dikenal dengan nama ikan laga dibeberapa daerah. Kenapa ? karena sifat agresifnya yang sangat teritorial terhadap wilayah yang dianggap menjadi kekuasaannya. Kira-kira seperti itu.. hehe

  4. Dapat dihibridisasi
    Uniknya selain indah dan agresif, ternyata ikan ini juga dapat dihibridisasi.

  5. Ikan cupang dengan tampilan menarik saat ini merupakan hasil perkembangbiakan selama  berabad-abad.
    Entah kita belum tahu seperti apa penampilan ikan ini pada saat pertama kali ditemukam. Apakah memang sama menariknya dengan ikan yang sekarang ini. Ikan ini pastinya telah banyak mengalami perekayasaan setelah banyak dikembangbiakkan.

  6. Kemampuan bertahan hidup yang kuat sehingga ikan cupang sangat mudah untuk beradaptasi. Ikan ini walau dipelihara dalam botol sekalipun tetap dapat hidup dengan baik asalkan rutin diberi pakan. Ikan ini memang tergolong mudah untuk dipelihara.

  7. Induk jantan akan merawat telur yang telah terbuahi.
    Sifat induk jantan ikan cupang sangat mirip dengan kuda laut, dimana ketika selesai memijah induk jantanlah yang akan merawat telur-telur yang dihasilkan.

Cara Memelihara Ikan Cupang

Ikan cupang sangat mudah untuk dipelihara karena dihabitat alaminya memang terbiasa dengan kondisi lingkungan yang beragam.

Ikan cupang biasa dipelihara dalam wadah berukuran kecil seperti botol. Selain itu dapat pula dipelihara dengan menggunakan toples berukuran sedang. Ikan ini bahkan masih dapat hidup dengan baik walau menggunakan wadah yang tidak diberi sirkulasi oksigen.

Bahkan seringkali ikan cupang dipelihara per individu dalam sebuah gelas plastik. Tanpa diberi oksigen, hanya berisi air dengan ketinggian 10-15 cm.

Ikan cupang memiliki bukaan mulut yang kecil sehingga jenis pakan yang umum diberikan adalah cacing darah atau tubifex, dan jentik nyamuk.

Jangan memelihara ikan cupang dalam jumlah banyak dalam 1 wadah sebab ikan ini akan langsung beradu jotos dengan ikan lainnya.

Pemeliharaan air cukup dengan melakukan pergantian air secara rutin. Ketika memelihara ikan hias tetunya tidak lagi diperlukan tahapan persiapan media. Cukup gunakan air bersih dan suplai oksigen jika perlu.


Nah itulah ulasan mengenai Mengenal Ikan Cupang (Betta sp.) Serta Fakta Uniknya. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Mengenal Ikan Cupang (Betta sp.) Serta Fakta Uniknya"