Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali Moina Pakan Alami Untuk Budidaya Ikan Air Tawar dan Keuntungannya

 Moina merupakan jenis pakan alami yang sudah biasa digunakan. Pakan alami memiliki peran cukup penting pada beberapa kegiatan budidaya. Seperti pada unit pembenihan yang sangat membutuhkan keberadaan pakan alami.

Sebagai pakan alami moina termasuk memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi ikan. Sebelumnya perlu diketahui bahwa pakan alami ini biasanya diperuntukkan bagi larva ikan atau ikan-ikan yang memiliki bukaan mulut berukuran kecil.

Kenali Moina Pakan Alami Untuk Ikan Air Tawar

Kenali Apa itu Moina

Pakan alami moina yang disebut juga dengan istilah kutu air berasal dari genus krustasea dan termasuk dalam keluarga Moinidae. Genus ini memiliki kemampuan untuk bertahan hidup di lingkungan perairan dengan kadar oksigen rendah, bersalinitas tinggi dan terdampak limbah kotoran.

Sekilas moina adak mirip dengan sepupunya yakni daphnia, hanya saja moina memiliki ukuran yang lebih kecil.

Sebagai jenis pakan alami, moina memiliki ukuran tubuh kecil, jika dilihat pada mikroskop memiliki bentuk bulat lonjong dengan 2 antena.

Siklus hidup moina termasuk sangat singkat. Sebab hanya mampu hidup selama beberapa hari saja. Setelah itu mati =D. 

Habitat moina adalah pada kubangan air, selokan, sungai, rawa, atau area mana pun yang tergenang oleh air.

Kenali Ciri-Ciri Moina Sebagai pakan Alami

Dalam beberapa literatur disebutkan moina termasuk kedalam kelompok udang-udangan yang berukuran renik. Moina memiliki ukuran mikroskopis yakni berkisar antara 500-1.000 mikron.

Jika diamati sekilas moina memiliki tubuh berwarna merah sebab ternyata mengandung hemoglobin. Moina sangat aktif dalam bergerak dengan bentuk tubuh yang membulat namun segmen badannya tidak terlihat.

Moina sekilah memiliki mulut memanjang menyerupai paruh. Pada bagian kepala terdapat 5 yang menyerupai antena. Dengan tiga pasang diantaranya befungsi sebagai alat tambahan pada bagian-bagian mulut.

Klasifikasi Moina

Klasifikasi moina juga disampaikan oleh Mudjiman pada 2008 silam yang menyampaikan :

Kingdom            : Animalia
Phylum               : Arthropoda
Subphylum         : Crustacea
Class                   : Branchiopoda
Ordo                    : Cladocera
Family                 : Moinidae
Genus                  : Moina
Species                : Moina sp.

Moina dikelompokkan dalam zooplankton yang artinya plankton yang tergolong hewan. Hal ini ditandai dengan memiliki kemampuan untuk bergerak dan termasuk heterotrof.

Keuntungan Moina Sebagai Pakan Alami

Moina merupakan pakan alternatif yang bisa diberikan kepada lava, benih dan ikan berukuran kecil dalam lingkup budidaya air tawar. Sebagai pakan alami terdapat beberapa keuntungan menggunakan moina, yaitu :

  1. Efisien penggunaan biaya.
    Terdapat beberapa jenis pakan alami yang cukup populer seperti rotifera, artemia, daphnia, moina dan cetoceros. Pada beberapa jenis pakan alami memiliki kerumitan dalam hal kultur dan penyediaannya. Seperti artemia yang hanya dijual dalam bentuk kista yang harganya mahal.

    Moina termasuk mudah dikultur sebab bisa mengonsumsi kotoran dan unsur organik. Dalam kulturnya kadang menggunakan kotoran ternak sebagai nutrisi pertumbuhannya.

  2. Mudah diaplikasin sebab bahan dan peralatan yang sederhana dan mudah di dapat
    Bibit moina dapat ditemukan dimana saja, terutama pada kubangan yang memiliki kandungan bahan organik. Tah heran plankton ini mudah ditemukan di area sawah, selokan maupun rawa.

    Cara kultur moina tidak ribet, cukup dengan peralatan sederhana sudah siap dilakukan kultur. Seperti karung, bak 1x1 meter, kotoran ayam, kayu penyanggah, batu pemberat, aerasi, tutup wadah.

  3. Moina juga bernilai ekonomis sehingga ada juga yang menjualnya. Sebagai pakan alami moina tentunya tidak merusak lingkungan sehingga cocok menjadi solusi penggunaan pakan yang ramah lingkungan.

  4. Moina banyak digunakan dalam kegiatan pemeliharaan larva dan pemeliharaan ikan hias.
    Moina bisa menjadi pakan nila alami pada saat fase larva, sebagai makanan alami ikan gurame. Selain itu untuk menghemat pakan tellet biasa digunakan sebagai makanan ikan hias alami yang lebih ramah terhadap kualitas air.
Kenali Moina Pakan Alami Untuk Ikan Air Tawar

Nah itulah ulasan mengenai Kenali Moina Pakan Alami Untuk Ikan Air Tawar. Semoga bermanfaat...

Post a Comment for "Kenali Moina Pakan Alami Untuk Budidaya Ikan Air Tawar dan Keuntungannya"