Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal Penting yang Diperlukan Saat Memulai Usaha


Menjadi pengusaha diusia muda adalah keinginan setiap orang. Bisa memenuhi segala kebutuhan tanpa bergantung terhadap orang lain merupakan salah satu awal kesuksesan. Banyak orang yang mendambakan sebuah usaha milik sendiri dan berjalan sukses. Oleh karena itu banyak hal perlu dipersiapkan. Persiapan yang tepat sangat diperlukan ketika membuka usaha, namun pemikiran yang tepat mengenai langkah selanjutnya akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis.

Pemikiran diawal memiliki peran penting dalam menjalankan usaha. Ibarat pepatah tiba masa tiba akal adalah hal yang perlu dihindari oleh setiap pengusaha. Oleh sebab itu pikirkan apa hal yang perlu dilakukan saat memulai usaha.

Baca : Potensi Budidaya Air Tawar 

Banyak hal penting yang diperlukan saat memulai usaha. Beberapa diantaranya dirangkum sebagai berikut :

1. Buat Perencanaan !

Sebelum merintis usaha tentuka perencanaan anda. Jenis usaha mungkin sudah dipikirkan, komoditi sudah ditentukan, lokasi telah ada maka tentukan bagaimana skema yang akan anda lakukan untuk menjalankan keseluruhannya.

Strategi yang tepat wajib dipersiapkan. Hanya ketika kita memiliki perencanaan yang solid, bisnis dapat dijalankan. Perencanaan yang tepat diharapkan kedepannya dapat meminimalkan kesalahan di masa depan.

2. Jadilah Pribadi yang Fleksibel

Fleksibel adalah satu sifat yang harus dimiliki seorang pengusaha muda. Perencanaa yang dibuat diawal mungkin terasa paling tepat untuk dilakukan, namun kita tetap tidak tahu bagaimana pelaksanaan kedepannya. Setiap rencana yang dibuat hari ini kemungkinan besar akan berubah di keesokan hari, tergantung oleh kondisi dilapangan. Oleh karena itu jadilah pribadi yang fleksibel.

Mengapa perlu fleksibel ?
Jika dihadapkan dengan permasalahan anda diharapkan untuk tidak menjadi kaku, namun justru bangkit dengan pemikiran yang jauh lebih kooperatif. Perencanaan baru tetap akan dibuat, solusi lain tetap akan ada. Jadilah Fleksibel !

3. Jadi Unik

Bagi pebisnis muda sangat penting untuk menjadi pribadi sendiri. Melangkah karena ikut-ikutan adalah kekeliruan untuk pebisnis muda. Pelanggan akan lebih senang dengan suatu hal baru dan bukan hal yang sudah-sudah mereka miliki.

Unik harus ada dalam diri pebisnis. Sebuah bisnis yang unik memiliki kesempatan yang lebih besar untuk sukses. Persaingan yang ketat perlu dihindari, tentukan produk anda, tawarkan dan pilih perencanaan yang tepat untuk pengembangannya. Ini akan lebih menjanjikan ketimbang memilih produk yang telah berkali-kali dijajakan.

4. Jalin Hubungan Sosial

Untuk mengenalkan usaha kepada khalayak luas tidak serta merta dilakukan seorang diri. Temukan komunitas bisnis, temukan orang-orang yang sepaham dengan anda jalin komunikasi, bentuk komunitas dan perbincangan usaha dan produk anda. Buat orang kenal dengan diri anda dan produk anda. Hal ini akan memudahkan produk lebih mudah dikenal pelanggan.

Sikap berani harus ada pada diri anda, jangan takut ! ajukan pertanyaan seputar hal yang tidak anda pahami, kemukakan pengalaman anda. Mungkin orang lain memiliki saran untuk anda. Menjadi seorang pebisnis mengharuskan anda selalu belajar baik dari pengalaman dan orang lain.

5. Solusi Pemasaran yang Tepat

Hasilkan produk yang unik dan tentukan cara memasarkannya. Walau unik namun tidak dikenal oleh pelanggan maka tidak akan laku. Orang tidak membeli barang yang tidak diketahui. Hal ini berlaku pasti.

Efisien adalah solusi. Manfaatkan media sosial, sebarkan produk kepada orang lain dengan metode baru. Ini akan efisien mengenalkan produk kepada pelanggan. Jangan pernah ragu anda akan ditolak, karena hal ini akan menghambat. Penolakan adalah respon jika kita belum dikenal, produk belum diketahu pelanggan. Oleh karena itu kemukakan argumen yang tepat untuk menjajakan produk anda.


Nah itulah hal penting yang diperlukan saat memulai usaha. Pemikiran yang tepat adalah planning yang sebenarnya. Oleh karena itu rencanakan diawal, pikirkan diawal dan jalankan usaha dengan perencanaan yang pasti.

Post a Comment for "Hal Penting yang Diperlukan Saat Memulai Usaha"