Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panen Maksimal Dengan 2 Metode Budidaya Rumput Laut yang Dikenal Dalam Aquaculture

 Komoditi rumput laut merupakan salah satu sentra unggulan dalam budidaya sektor pesisir. Sebagai negara maritim Indonesia mampu menjadi negara produsen budidaya rumput laut yang besar. Dengan luas wilayah laut dan panjangnya garis pantai menjadi potensi yang tidak boleh disia-siakan.

Budidaya rumput laut di Indonesia masih tergolong sangat potensial untuk dilakukan. Tak heran di daerah pesisir banyak dijumpai tambak budidaya rumput laut Gracilaria sp. Sedangkan jenis Euchema cottoni sangat banyak ditemukan pada daerah dekat pantai. Hal ini menjadi potensi budidaya rumput laut di Indonesia.

Iklim tropis dan kondisi perairan yang baik memungkinkan pengembangan sektor budidaya rumput laut menjadi sangat potensial untuk dilakukan.

Metode Budidaya Rumput Laut yang Dikenal

Mengenai metode budidaya rumput laut sebenarnya terdapat banyak macam cara yang bisa dilakukan. Dua cara yang sangat umum dilakukan terutama di Indonesia adalah metode lepas dasar dan Long line.

Masing-masing metode ini disesuaikan dengan jenis rumput laut yang akan dibudidaya. Contohnya rumput laut Euchema cottoni dialam hidup melekat pada bebatuan karang di dekat pantai. Oleh sebab habitatnya yang tidak bersentuhan langsung dengan tanah maka cara budidayanya adalah dengan metode long line. Apa itu long line ?

2 Metode Budidaya Rumput Laut yang Dikenal Dalam Aquaculture

Contohnya lagi untuk Gracilaria sp. yang juga umumnya hidup menempel pada substrat. Seperti pada karang mati, kulit kerang, dan bebatuan. Lokasi hidupnya ini juga cenderung dekat dengan dasar perairan yang berlumpur dan berpasir. Nah oleh sebab itu Gracilaria di tambak dibudidaya dengan metode lepas dasar.

2 Metode Budidaya Rumput Laut yang Dikenal Dalam Aquaculture

Apa Perbedaan Kedua Metode ini ?

Mungkin anda bertanya apa beda long line dan lepas dasar ? jawabannya adalah pada jenis rumput laut yang digunakan !

Seperti yang saya jelaskan diatas, masing-masing jenis rumput laut dibudidaya dalam kondisi yang hampir mirip dengan habitatnya di alam.

Metode Long Line

Euchema cottoni merupakan jenis yang dipelihara dengan cara long line. Jika saja dipelihara dengan cara tebar dasar kemungkinan perkembangan tallus akan lamban dan mudah membusuk akibat bersentuhan dengan tanah.

Metode long line dilakukan dengan membuat tali bentang yang membentuk menyerupai pagar. Terdapat 2 fungsi tali dalam long line yaitu sebagai penyanggah dan sebagai tempat mengikat rumput laut.

Dengan cara ini rumput laut yang dibudidaya tidak akan bersentuhan langsung dengan dasar pantai. Sebab long line juga memanfaatkan pelampung untuk membuatnya tetap berada pada dekat permukaan air.

2 Metode Budidaya Rumput Laut yang Dikenal Dalam Aquaculture

Metode Lepas Dasar

Ada juga yang menyebut cara ini dengan nama tebar dasar, kedua istilah ini sama-sama cukup populer di kalangan pembudidaya rumput laut di tambak.

Pada dasarnya dari nama saja sudah jelas cara budidaya rumput laut dengan metode lepas dasar adalah memelihara rumput laut di dasar perairan.

Metode lepas dasar terbilang sangat simpel dan sederhana, dikenal pula dengan budidaya rumput laut secara tradisional. Memang hanya dengan mengandalkan air tambak dan paparan sinar matahari maka cara ini sudah dapat dilakukan.

Cara melakukan metode lepas dasar adalah dengan langsung menebar bibit rumput laut Gracilaria sp. pada seluruh area tambak. Nantinya bibit tersebut akan menempel di dasar dan bertumbuh hingga memunculkan banyak tallus.

2 Metode Budidaya Rumput Laut yang Dikenal Dalam Aquaculture

Keunggulan Metode Long line dan Lepas Dasar

Karena kita membahas 2 metode untuk budidaya rumput laut maka akan diulas pula satu persatu mengenai keunggulan metode tersebut.

Keunggulan Metode Long Line

Pertama jika dilihat dari posisi wadah budidaya yang dekat dengan permukaan dan jauh dari dasar membuat rumput laut yang dihasilkan bebas dari tanah dan pasir. Akibatnya rumput laut menjadi lebih bersih dan warnanya cenderung lebih cerah.

Keunggulan lainnya adalah tallus yang dihasilkan lebih besar dan bercabang-cabang. Tallus yang bersih dan bercabang-cabang membuat harga jauh lebih mahal. 

Selain itu karena lokasi yang jauh dari dasar sehingga rumput laut cenderung bebas dari kerang-kerang yang biasa menempel.

Keunggulan Metode Lepas Dasar

Budidaya rumput laut Gracilaria sp di tambak terbilang masih sangat sederhana dengan penerapan metode lepas dasar.

Keunggulannya adalah cara budidaya yang sangat mudah. Bibit rumput laut cukup ditebar secara merata pada seluruh area tambak.

Dikatakan sederhana sebab tidak dibutuhkan peralatan tambahan untuk menjadi wadah atau media tumbuh rumput laut. 

Bibit yang ditebar akan tumbuh langsung di atas permukaan tanah dasar tambak.


Nah itulah ulasan mengenai Panen Maksimal Dengan 2 Metode Budidaya Rumput Laut yang Dikenal Dalam Aquaculture. Bagi sobat yang mau mencoba semoga beruntung.

Post a Comment for "Panen Maksimal Dengan 2 Metode Budidaya Rumput Laut yang Dikenal Dalam Aquaculture"