Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Budidaya Perikanan Sebagai Prospek Menjanjikan

Budidaya Perikanan Sebagai Prospek Menjanjikan

Budidaya Perikanan Sebagai Prospek Menjanjikan - Budidaya merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk memelihara dan mengembangbiakkan biota peliharaan. Kegiatan budidaya perikanan meliputi banyak komoditi seperti budidaya ikan, udang, kepiting dan lain-lain. Hal ini menunjukkan besarnya prospek budidaya perikanan utamanya di Indonesia.

Kegiatan budidaya perikanan memiliki prospek bisnis yang sangat besar utamanya Di Indonesia sebagai negara bahari yang memiliki lautan luas dan sangat produktif. Potensi perikanan Indonesia selain dari penangkapan ikan di laut lepas juga dapat dilakukan pengembangan dengan melakukan budidaya. 

Kegiatan budidaya sangat penting dilakukan mengingat beberapa jenis spesies ikan ada yang sulit dijumpai namun memiliki harga yang cukup fantastis. Solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut adalah dengan menghadirkan ikan tersebut dalam jumlah besar yakni dengan budidaya.

Budidaya Perikanan Sebagai Prospek yang Menjanjikan Keuntungan Bagi Pembudidaya dan Masyarakat

Keuntungan melakukan budidaya pada jenis ikan tertentu adalah menghindari punahnya beberapa jenis ikan tertentu. Utamanya ikan yang memiliki pertumbuhan lambat namun sangat dicari. Eksploitasi yang terus dilakukan akan mengancam ketersediaan ikan-ikan tersebut.

Budidaya Perikanan Sebagai Prospek Menjanjikan memang bukanlah hal yang bisa disanggah. Udang misalnya salah satu komoditi perikanan yang sangat digemari masyarakat. Udang memiliki kandungan protein yang tinggi dan memiliki rasa yang lezat. Kebutuhan masyarakat akan udang terus meningkat, namun produksi yang masih saja kurang. Sehingga kadang kita masih mengandalkan import.

Nilai jual komoditi udang cukup fantastis dengan harga mencapai 70-90 ribu perkilo. Harga ini masih bervariasi tergantung ukuran udang. Untuk udang berukuran cukup besar memuat sekitar 5-10 ekor perkilo. Bisa dibayangkan dalam sepetak tambak saja dengan hasil panen 2-3 ton untuk ukuran tambak semi intensif dapat dihasilkan nilai rupiah yang cukup tinggi.

Masa pemeliharaan untuk ikan juga tidak terlalu lama. Kurun waktu yang tidak terlalu lama sudah dapat dilakukan panen. Pemeliharaan juga tidak bergantung pada keadaan cuaca. Oleha karena hal ini banyak orang telah menjadi pembudidaya.

Penjualan hasil budidaya perikanan juga tidak sulit untuk dilakukan. Fakta bahwa masyarakat Di Indonesia sangat gemar makan ikan. Bahkan hal ini juga berlaku bagi beberapa negara lain yang menganggap ikan sebagai sumber protein yang sangat baik bagi kesehatan. Seperti di Jepang yang terkenal akan makanannya yakni susi.

Di beberapa negara maju lainnya makanan seafood menjadi hidangan yang sangat digemari oleh orang-orang. Bahkan nilai jual produk perikanan setelah memasuki restoran dapat menjadi berkali lipat.

Budidaya perikanan sebagai prospes bisnis pun tidak sekadar pemeliharaan. Namun juga erat hubungannya dengan nilai pengolahannya. Olahan perikanan masih jarang ditemukan, padahal olahannya sangat digemari masyarakat. Seperti bandeng fresto, abon ikan, dan banyak lagi yang masih menggunakan ikan sebagai bahan utama dalam olahan.

Beragam Prospek Menjanjikan Budidaya Perikanan di Indonesia

Di Indonesia semestinya menjadi salah satu sentra budidaya terbesar. Mengingat segala kekayaan yang dimiliki alam di tanah air. Sebagai peluang bisnis yang menjanjikan, budidaya ikan memiliki banyak komoditi yang sangat menjanjikan. Baik dari budidaya air tawar maupun air laut dan air payau.

Budidaya Udang Vaname

Seperti ulasan saya diatas udang merupakan komoditi yang paling menjanjikan. Mengapa ? pemasaran udang tidak sulit untuk dilakuan, kenapa ?. Masyarakat sangat gemar makan udang. 

Bahkan olahan udang akan sangat mudah dijumpai. Di rumah makan banyak hidangan seafood dan udang sering menjadi hidangan utama. 

Kandungan protein udang juga adalah salah satu yang terbaik.

Udang vaname saat ini masih menjadi komoditi ekspor andalan, karena udang banyak diminati negara-negara maju seperti Amerika dan beberapa negara Eropa.

Tak heran budidaya udang vaname sangat banyak dilakukan oleh sebagian besar perusahaan perikanan di negara ini. Hal ini terlihat disetiap daerah pesisir banyak tambak udang vaname yang dijumpai.

Budidaya Gurame

Ikan gurame bisa menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan bagi anda untuk sektor budidaya air tawar. Ikan ini memiliki banyak konsumen karena rasanya yang sangat digemari. Sebagai prospek usaha ikan ini menjanjikan hasil memuaskan.

Cara budidaya ikan gurame hingga pemanenan membutuhkan waktu yang cukup lama, antara 10-12 bulan. Waktu yang lama ini dibutuhkan untuk menghasilkan ikan yang berukuran besar hingga nantinya memiliki nilai jual yang besar pula. Waktu pemeliharaan ini pula yang mengakibatkan nilai jual gurame menjadi cukup mahal.

Budidaya ikan gurame di kolam terpal saat ini banyak dilakukan. Sebab memberikan untung yang luar biasa bagi pembudidaya.

Budidaya Ikan Kerapu

Kerapu adalah komoditi perikanan yang biasa dibudidayakan di keramba jaring apung. Ikan ini kian banyak dibudidayakan karena mulai banyak peminatnya. Di Indonesia peminat ikan ini masih kurang, namun di beberapa negara lain seperti jepang ikan kerapu sangat disukai. Bahkan kebanyakan produksi kerapu diekspor ke Jepang dengan nilai jual yang mahal.

Pemeliharaan kerapu membutuhkan perhatian ekstra karena sifat ikannya. Ikan ini hanya makan ikan rucah sebagai sumber protein utamanya. Waktu pemeliharaan juga relatif lama yakni sekitar 6 bulan. Namun karena hal ini harga ikan kerapu menjadi sangat mahal.

Baca Juga :

Prospek Budidaya Perikanan Masih Sangat Menjanjikan

Banyak yang kurang memahami prospek kerja budidaya perairan. Padahal sektor budidaya menjanjika prospek yang sangat luar biasa. Budidaya ikan adalah salah satu prospek kerja pemanfaatan sumber daya perikanan. Dengan kondisi lingkungan di Indonesia tentunya mendukung kegiatan keberlangsungan kegiatan budidaya yang berkesinambungan.

Menangapi potensi perikanan di Indonesia tentunya membutuhkan SDM untuk dapat mengelolanya. Untuk itu jurusan budidaya perairan terbaik di indonesia kini dihadirkan melalui lembaga pendidikan naungan KKP.  

Untuk lowongan kerja budidaya perairan tentunya sangat luas. Sektor perikanan budidaya memiliki potensi pengembangan yang sangat menjanjikan. Sehingga tak heran jika saat ini jurusan budidaya perikanan banyak peminatnya. Alasan memilih jurusan budidaya perairan tentunya tak lain karena prospek kedepannya yang nyata dan sangat menjanjikan. Terutama dengan semakin berkembangnya budidaya ikan berkelanjutan yang bahkan bisa dilakukan secara mandiri. Seperti budidaya ikan lele di ember (Budikdamber).

Itulah beberapa ulasan mengenai budidaya perikanan sebagai prospek yang menjanjikan. 

Post a Comment for "Budidaya Perikanan Sebagai Prospek Menjanjikan"