Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peluang Usaha Budidaya Ikan Konsumsi

Peluang Usaha Budidaya Ikan Konsumsi

Peluang Menguntungkan Untuk Usaha Budidaya Ikan Konsumsi - Di negara Indonesia dikenal dengan Negara Maritim yang memiliki area perairan yang lebih luas dibanding daratan. Dalam perairan Indonesia terdapat berbagai jenis ikan yang meliputi sebagian besar ikan konsumsi dan ikan hias yang juga salah satu menjadi ladang penghasilan. Terkhusus untuk komoditi ikan konsumsi.

Permintaan akan ikan konsumsi dari luar maupun dalam negeri terus meningkat dari tahun ketahun. Hal ini dikarenakan ikan merupakan sumber protein hewani yang terjangkau serta sangat baik dan bermanfaat bagi tubuh kita.

Hal itulah yang membuat banyak orang merintis usaha dalam membudidayakan ikan terutama ikan konsumsi. Budidaya ikan , waktu tersebut sangat relatif singkat. Budidaya ikan memiliki prospek yang cukup menjanjikan, maka dari itu banyak orang menjadikan peluang usaha budidaya ikan konsumsi.

Pengertian Budidaya Ikan Konsumsi

Ikan memiliki 2 pengertian, yaitu pengertian secara umum dan secara khusus. Ikan secara umum berarti seluruh makhluk hidup yang berada dalam air dan dapat dimanfaatkan oleh manusia. Sedangkan secara khusus atau secara taksonomi ikan adalah hewan yang berinsang dan memiliki sirip.

Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan ikan konsumsi ?

Secara sederhana ikan konsumsi dapat diartikan sebagai ikan yang memiliki fungsi atau dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Sedangkan budidaya secara sederhana dapat diartikan sebagai suatu usaha untuk memelihara dan memperbanyak biota budidaya dalam ruang lingkup terkontrol sehingga dapat memberikan hasil yang bermanfaan bagi kehidupan manusia.

Jadi, secara sederhana dapat kita artikan budidaya ikan konsumsi adalah pemeliharaan dan pengembangbiakan ikan dalam ruang lingkup terkontrol sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan konsumsi manusia.

Budiaya ikan konsumsi berdasarkan media budidayanya dapat dikelompokkan menjadi budidaya ikan konsumsi air tawar, budidaya ikan konsumsi air payau dan budidaya ikan konsumsi air laut.

Cara Budidaya Ikan Konsumsi

Pada umumnya petani ikan memelihara ikan konsumsi dengan tujuan untuk menghasilkan ikan konsumsi sesuai permintaan pasar sehingga dapat memperoleh pemasukan. Selain itu tujuan paling pentingnya adalah ikan konsumsi merupakan sumber protein hewani yang murah dan kaya nutrisi.

Banyak yang menanyakan bagaimana cara untuk membudidayakan ikan konsumsi ?

Ikan konsumsi ada banyak jenisnya. Masing-masing jenis ikan juga memiliki caranya tersendiri dalam budidaya. Cara budidaya ikan juga disesuaikan dengan sistem budidaya yang ingin dilakukan.

Sistem atau metode budidaya yang diterapkan juga kembali disesuaikan dengan kemampuan pembudidaya. Karena sistem budidaya sendiri terbagi beberapa macam. Ada budidaya sistem tradisional, semi intensif, intensif, super intensif dan supra intensif. Perbedaan ini dipengaruhi kembali oleh kemampuan pendanaan yang dimiliki oleh pembudidaya.

Perbedaan masing-masing sistem budidaya terletak pada jumlah padat tebarnya. Dimulai dari sistem budidaya tradisional hingga supra intensif atau jika ada sistem diatasnya lagi. Secara tradisional memiliki tingkat padat tebar paling rendah, selanjutnya makin modern maka makin tinggi pula padat tebarnya.

Wadah budidaya ikan konsumsi memengaruhi padat tebar ikan. Semakin modern wadah yang digunakan semakin padat pula daya tampungnya. Kebanyakan pembudidaya masa kini menggunakan wadah budidaya ikan konsumsi dari terpal atau beton.

Secara sederhana tahapan budidaya ikan konsumsi meliputi: persiapan wadah atau lahan, pemasukan air, pengadaan benih, manajemen pakan, monitoring kesehatan, monitoring kualitas air, panen dan pasca panen. Sebelum memulai usaha ada baiknya untuk menentukan perencanaan budidaya ikan konsumsi yang akan dilakukan dengan baik. Seperti pengadaan sarpras, alat dan bahan yang disesuaikan dengan kemampuan modal.

Budidaya Ikan Konsumsi Air Tawar

Ikan konsumsi memiliki banyak jenisnya. Jenis jenis budidaya ikan konsumsi ditentukan berdasarkan media budidayanya, salah satunya adalah komoditi ikan air tawar. Ikan konsumsi air tawar umumnya dominan ditemukan pada daerah yang sedikit jauh atau tidak memiliki akses menuju area pesisir laut.

Komoditi ikan air tawar sangat beragam. Beberapa jenis ikan konsumsi yang dibudidayakan dan banyak dijumpai adalah ikan gurame, ikan gabus, ikan lele, ikan mas dan ikan nila. Masing-masing komoditi ini memiliki peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Adapun beberapa hal yang dapat menjadi peluang usaha budidaya ikan konsumsi:

1. Usaha Budidaya Ikan Gurame

Peluang Usaha Budidaya Ikan Konsumsi
Peluang Usaha Budidaya Ikan Gurame

Ikan gurame memiliki daging yang cukup tebal dan gurih sehingga memiliki konsumen yang cukup banyak dan memiliki potensi yang cukup besar untuk diusahakan. Cara membudidayakan ikan gurame membutuhkan waktu yang relatif cukup lama, dalam pemeliharaannya paling tidak membutuhkan waktu sekitar 10-12 bulan, hal ini dilakukan agar ikan gurame memiliki ukuran tubuh yang cukup besar dan disesuaikan dengan permintaan pasar. Karna hal inilah menjadikan nilai ekonomis ikan gurame menjadi relatif cukup tinggi dipasaran. Adapun tahap budidaya dalam mempercepat pertumbuhan ikan yaitu:

  • memilih lokasi yang selalu atau sering terkena paparan sinar matahari 

  • melakukan pemilihan benih yang berkualitas dan tidak cacat

  • pemberian pakan yang sesuai dengan kebutuhan ikan gurame, serti pemberian pellet sebagai pakan utama dan pemberian daun talas sebagai pakan tambahan

  • sebelum memulai kegiatan budidaya tentunya pastikan dilakukan tahap persiapan kolam dengan baik untuk menghindari dan memutuskan rantai penyebaran penyakit

2. Peluang Usaha Budidaya Ikan Gabus

Peluang Usaha Budidaya Ikan Konsumsi
Peluang Usaha Budidaya Ikan Gabus

Habitat ikan ini dapat kita temukan di rawa rawa, waduk ataupun sungai. Pembudidayaan ikan gabus sangat diperlukan untuk memenuhi permintaan pasar dikarenakan produksinya di Indonesia masih rendah. Peminat ikan gabus lebih banyak dibandingkan jumlah produksinya. Hal ini menjadi peluang bisnis ikan konsumsi yang cukup potensial.

Permintaan pasar akan ikan gabus sangat banyak, terutama berasal dari bidang kesehatan. Ikan ini memiliki kandungan yang sangat baik dalam membantu penyembuhan luka dan regenerasi, sehingga ikan ini sangat banyak dicari untuk diolah menjadi bahan obat.

3. Peluang Usaha Budidaya Ikan Konsumsi Lele

Peluang Usaha Budidaya Ikan Konsumsi
Peluang Usaha Budidaya Ikan Lele

Bisnis ikan konsumsi budidaya ikan lele merupakan usaha yang memiliki peluang yang cukup besar dan cukup menjanjikan dikarenakan memiliki permintaan pasar yang nilainya cukup tinggi. Ikan lele cukup diminati dikarenakan memiliki rasa yang sangat enak dan gurih. Banyak permintaan ikan lele berasal dari rumah makan, maupun untuk konsumsi rumah tangga. Ikan lele memiliki rasa yang banyak digemari oleh masyarakat.

Pemeliharaan ikan ini sangat singkat dengan pertumbuhan yang sangat cepat, selain itu perawatan ikan ini tidaklah sangat sulit. Harga ikan lele cukup relatif murah dan lebih terjangkau sehingga memiliki banyak peminatnya dibandingkan ikan jenis lainnya. Namun pada beberapa daerah justru memiliki nilai jual yang tinggi.

4. Peluang Usaha Budidaya Ikan Mas Konsumsi

Peluang Usaha Budidaya Ikan Konsumsi
Peluag Usaha Ikan Mas

Ikan Mas merupakan ikan yang cukup populer jika dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya. Ikan mas merupakan salah satu ikan yang sangat mudah untuk dibudidayakan, dengan harga pasaran yang terbilang cukup relatif mahal terutama pada beberapa daerah tertentu. Ikan mas merupakan ikan yang memiliki rasa yang sangat lezat dengan tekstur daging yang lembut. Ikan mas ini sudah terbilang cukup lama telah dibudidayakan dan tidak memerlukan perawatan yang khusus dengan inilah membuat banyak orang meminati pekuang usaha ini.

5. Peluang Usaha Budidaya Ikan Nila

Peluang Usaha Budidaya Ikan Konsumsi
Peluang Usaha Budidaya Ikan Nila

Ikan Nila memiliki rasa yang sangat enak tidak heran apabila dijadikan sebagai menu makanan, Ikan jenis ini mempunyai cukup banyak peminat ataupun penggemar, sehingga banyak orang ingin mencobah peluang tersebut karna pemeliharaan ikan nila ini tidaklah sulit. Hal ini karena ikan nila sangat mudah untuk beradaptasi dengan kondisi lingkungannya.

Di pasar ikan ini memiliki harga yang cukup terjangkau sehingga tidak mengherankan jika begitu banyak peminatnya. Disisi lain ikan nila merah yang memiliki gestur mirip ikan kakap merah membuatnya sering menjadi alternatif pengganti ikan kakap yang memiliki harga sangat mahal.

Budidaya Ikan Konsumsi Air Laut dan Payau

Di dekat area pesisir akan akrab dijumpai tambak-tambak dan karamba jaring apung. Banyak komoditi ikan yang beredar di pasar merupakan produk budidaya air asin (payau dan laut). Bahkan kebanyakan komoditi ekspor didominasi oleh ikan air asin. Seperti udang, ikan kerapu dan rumput laut. Selain itu terdapat pula budidaya lainnya seperti ikan baronang, tiram mutiara, budiaya teripang dan ikan bawal bintang.

1.  Peluang Usaha Budidaya Ikan Mujair

Peluang Usaha Budidaya Ikan Konsumsi
Ikan Mujair

Ikan Mujair merupakan ikan air tawar yang cukup banyak dicari oleh konsumen sehingga banyak orang tergiur akan mencoba peluang usaha budidaya ikan ini. Selain itu, modal yang dibutuhkan dalam budidaya ini cukup kecil dan perkembangan budidaya yang cukup cepat. Dalam budidaya ini kita hanya memerlukan kolam dan tidak perlu pemberian pakan. 

Ikan mujair merupakan ikan yang memiliki rasa yang enak dan tekstur daging sangat lembut, selain soal rasa ikan mujair juga memiliki protein hewani yang sangat baik untuk anak-anak sehingga digemari oleh banyak orang.

2. Peluang Usaha Budidaya Udang

Peluang Usaha Budidaya Ikan Konsumsi
Budidaya udang vaname

Udang merupakan komoditi ekspor andalan dan memiliki nilai pasar yang sangat menjanjikan. Komoditi udang di Indonesia terbagi atas udang vaname, udang windu dan beberapa jenis lainnya. Namun yang paling dominan dan terkenal saat ini adalah udang vaname.

Sektor budidaya udang sangat menguntungkan jika digeluti dengan baik. Pembenihan udang juga memiliki potensi pasar yang sangat menguntungkan terutama seiring perkembangan sistem budidaya yang kian maju diikuti dengan kebutuhan benih yang makinmeningkat. Disisi lain keuntungan pembesaran udang juga sangat menggiurkan. Selama 3 bulan pemeliharaan udang sudah dapat dilakukan pemanenan.

3. Peluang Usaha Ikan Kerapu

Peluang Usaha Budidaya Ikan Konsumsi
Ikan kerapu

Sejak dulu ikan kerapu memang memiliki harga jual yang tinggi. Jika dibudidayakan membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa memperoleh kerapu ukuran konsumsi. Selain itu kebutuhan pakan ikan kerapu adalah berupa ikan rucah sehingga membutuhkan pengeluaran yang lebih banyak lagi.

Kerumitan dan lamanya waktu budidaya ikan kerapu menjadikan harga jualnya juga cukup tinggi. Kerapu banyak laku dipasr ekspor terutama tujuan negara penikmat susi seperti jepang.

4. Peluang Usaha Ikan Baronang

Peluang Usaha Budidaya Ikan Konsumsi
Ikan baronang

Pada beberapa tahun belakangan budidaya ikan baronang mulai giat dikembangkan. Sebelumnya kebergantungan benih ikan baronang masih sangat bergantung pada alam. Akibatnya sulit diperoleh dalam jumlah besar.

Salah satu cara yang kini mulai berkembang adalah pembenihan baronang untuk kebutuhan budidaya. Ikan baronang terbilang cukup banyak digemari, hal ini terlihat pada menu rumah makan yang sering menghidangkan ikan baronang. Untuk harga jual juga cukup menguntungkan dengan harga Rp 30.000 - 40.000 /Kg.

5. Peluang Usaha Teripang

Peluang Usaha Budidaya Ikan Konsumsi
Teripang

Teripang atai timun laut saat ini mulai banyak dibudidayakan. Sebab memiliki daya jual yang sangat mahal. Teripang yang dipercaya akan khasiatnya membuatnya sangat laris dibeberapa negara.

Nilai jual yang menjanjikan membuat banyak orang mencoba membudidayakan teripang. cara membudidayakan teripang yang banyak dilakukan adalah dengan membuat sangkar di dekat pantai berpasir. Model wadah budidayanya pun cukup sederhana yakni menyerupai kandang.

Pemeliharaan ikan konsumsi merupakan proses yang cukup panjang dilakukan. Untuk itu perlu ketekunan dan pengalaman yang cukup untuk melakukan usaha budidaya ikan konsumsi.


Nah itulah ulasan mengenai Mengenai Peluang Usaha Budidaya Ikan Konsumsi. Sebenarnya ada banyak lagi komoditi ikan konsumsi. Namun yang sempat kami ulas merupakan contoh yang sudah lazim dan mulai banyak dikembangkan saat ini.

1 comment for "Peluang Usaha Budidaya Ikan Konsumsi"

  1. lengkap sekali kak pembahasannya,
    btw saya juga buat blog tentang budidaya ikan,
    mungkin ada masukan,
    ini blog saya https://lelepah.blogspot.com/
    terimakasih

    ReplyDelete