Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peluang Usaha Budidaya Ikan Gabus Di Kolam Beton

Peluang Usaha Budidaya Ikan Gabus Di Kolam Beton

Budidaya ikan gabus masih cukup baru dan jarang dijumpai. Ikan gabus sebelumnya sangat jarang dibudidayakan. Karena jumlah ikan ini masih sangat melimpah di alam. Habitat ikan ini adalah daerah rawa, sungai, kolam bahkan juga banyak dijumpai pada pengairan dan selokan. Ikan gabus memang salah satu ikan yang tahan banting, dalam artian memiliki daya tahan hidup yang kuat.

Jika di alam ikan gabus menjadi predator bagi ikan-ikan yang lebih kecil. Sehingga keberadaannya kerap menjadi hama bagi pembudidaya.  Namun setelah banyak yang mengetahui manfaat ikan gabus, ikan ini mulai banyak di budidaya dan permintaannya juga semakin meningkat.

Peluang Usaha Budidaya Ikan Gabus Di Kolam Beton

Ikan gabus merupakan salah satu ikan air tawar yang penggemarnya tidak terlalu banyak namun cukup laris di pasar. Banyak yang sudah mencoba membudidayakan ikan gabus, meski tujuan utamanya bukan untuk kuliner. Ikan ini memiliki manfaat dalam bidang kesehatan, sehingga walau pun kalah dalam hal rasa daging ikan ini tetap banyak dicari. Sehingga Peluang Usaha Budidaya Ikan Konsumsi seperti gabus tetap menarik.

Hal tersebut menjadi alasan mengapa ikan gabus ini merupakan salah satu jenis ikan yang dapat menjadi peluang ternak ikan dan usaha budidaya yang menguntungkan. Apalagi ikan gabus memiliki kemampuan untuk bertahan hidup dengan baik bahkan dalam kondisi kurang oksigen dan pakan.

Manfaat Ikan Gabus Bagi Manusia

Kandungan nutrisi pada daging ikan gabus sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Khasiat ikan gabus mengandung albumin yang cukup tinggi. Sehingga tak heran ibu hamil yang baru usai melahirkan atau orang yang baru melewati operasi kerap mencari ikan gabus untuk dikonsumsi. Gunanya apa ? adalah untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Hal inilah yang menjadi daya tarik ikan gabus.

Albumin pada daging ikan gabus membuat ikan ini memiliki banyak manfaat bagi yang mengonsumsi. Kandungan albumin ternyata juga baik dalam menjaga keseimbangan cairan dalam darah. Sehingga mengonsumsi ikan gabus bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Protein yang cukup dominan pada ikan gabus sangat bermanfaat bagi pertumbuhan terutama dalam hal pembentukan otot. Karena tingginya protein pada ikan gabus sehingga sangat baik dalam memperbaiki gizi buruk terutama cocok dikonsumsi oleh anak anak dan remaja yang aktif dalam pembentukan otot.

Selain manfaat ikan gabus untuk kesehatan ikan gabus juga memiliki manfaat berupa harga jual yang tinggi. 1 Kg ikan gabus dapat dijual seharga Rp 50.000 sampai Rp 80.000.

Pangsa pasar ikan gabus juga sangat tinggi. Ikan gabus dapat dikonsumsi oleh berbagai kalangan, sebab sangat bermanfaat bagi tubuh. Permintaan ikan gabus banyak berasal dari industri farmasi.  

Cara Budidaya Ikan Gabus Di Kolam Beton

Budidaya ikan gabus dapat dilakukan pada beberapa macam wadah. Seperti kolam tanah, kolam beton dan kolam terpal. Pemilihan jenis wadah sangat penting untuk menentukan langkah yang diambil selanjutnya. Adapun untuk memilih wadah terlebih dulu dilakukan list dan seberapa besar kemampuan modal yang dimiliki.

Budidaya ikan gabus meliputi pembenihan dan pembesaran ikan. Nah kali ini kita aka membahas mengenai pembesaran ikan gabus.

Persiapan Kolam Budidaya Ikan Gabus Kolam Beton

Budidaya ikan gabus pada kolam beton dengan dasar tetap menggunakan tanah. Pemilihan kolam beton dianggap lebih tahan lama, keamanan kolam lebih terjamin dan perawatan kolam lebih mudah. Dasar kolam yang tetap menggunakan tanah sebenarnya bertujuan untuk tetap memanfaatkan kandungan hara untuk menumbuhkan pakan alami. Namun bisa juga menggunakan kolam dengan dasar beton tergantung biaya.

Persiapan kolam dalam umumnya dilakukan dengan tahap: pengeringan, pembersihan kolam, pengolahan tanah, pemupukan, pengapuran dan pengisian air.

Untuk persiapan kolam beton dengan dasar tanah dapat silakan baca: Tahapan persiapan dalam budidaya ikan di kolam tanah.

Untuk kolam full beton tanpa menggunakan dasar tanah maka persiapan kolam dilakukan dengan pengeringan, pembersihan dan pemasukan air.

Pengeringan dilakukan selama 2-3 hari atau dapat dikondisikan dengan cuaca. Selama pengeringan pastikan untuk mengeluarkan sisa lumpur atau kotoran yang terdapat pada kolam. Berikut dilakukan pengecekan kondisi kolam jika terjadi kebocoran atau retak yang berpotensi mengganggu kegiatan pemeliharaan.

Setelah kolam bersih dan cukup kering selanjutnya dilakukan pemasukan air. Pemasukan air pertama cukup hingga ketinggian setengah kolam saja.

Pemupukan dan Pengapuran

Pengapuran dilakukan untuk menaikkan pH tanah agar menjadi relatif stabil. Selain itu pengapuran juga berguna untuk mematikan hama pada wadah. Jika pH air cenderung asam (dibawah 6, ph netral = 7) maka dapat mengurangi nafsu makan ikan.

Pemupukan bertujuan untuk memperkaya kandungan unsur hara pada wadah sehingga merangsang pertumbuhan pakan alami yang nantinya sangat berguna bagi benih ikan sebagai pakan alami.

Pada kolam tanah pemupukan dan pengapuran termasuk dalam tahap pengolahan tanah, namun jika menggunakan kolam beton maka pengapuran dan pemupukan dilakukan pada air.

Pupuk yang digunakan sebaiknya berbahan organik agar lebih ramah lingkungan. Bisa juga menggunakan pupuk kompos seperti kotoran hewan. Dosis penggunaan pupuk kandang yaitu 250 kg untuk 1 hektar lahan. Sedangkan jika menggunakan produk pupuk kemasan, dosis penggunaan dapat dilihat pada panduan kemasan. Cara aplikasi dengan melarutkan pupuk kedalam air. Namun bisa juga dengan ditebar terlebih dahulu sebelum dilakukan pemasukan air.

Begitu pula dengan penggunaan kapur. Direkomendasikan menggunakan kapur dolomit yang sudah umum digunakan. Caranya dengan melarutkan kapur kedalam 1 ember air kemudian ditebar secara merata pada kolam. Pastikan untuk membaca dosis penggunaan pada kemasan.

Selanjutnya kolam didiamkan selama 3-4 hari agar pakan alami dapat tumbuh. Selanjutnya dilakukan pemasukan air kembali hingga 70-80 cm.

Peluang Usaha Budidaya Ikan Gabus Di Kolam Beton
Jika menggunakan dasar tanah pengapuran dilakukan setelah pengolahan tanah


Penebaran Benih Ikan Gabus

Hal paling vital dalam pembesaran ikan adalah kualitas benih. Benih yang baik akan memberikan hasil panen  lebih baik. Hal ini dilihat pada nafsu makan, SR (kelulushidupan), daya tahan tubuh benih dan laju pertumbuhan. 

Ciri benih yang baik pastinya memiliki pergerakan lincah, tidak terdapat luka, tidak cacat, bergerak melawan arus, tidak memisahkan diri dari kawanan, tidak mengapung pada permukaan.

Seperti biasa penebaran dilakukan ketika suhu relatif sejuk seperti pada pagi dan sore hari. Hal ini untuk menghindari ikan menjadi stres. Pada saat menebar lakukan aklimatisasi dulu selama 10 sampai 15 menit baru tebar ikan secara perlahan.

Pilihlah benih ikan gabus yang berukuran diatas 5 cm agar pertumbuhan tidak terlalu lama.

Peluang Usaha Budidaya Ikan Gabus Di Kolam Beton

Pemberian Pakan

Usaha budidaya ikan gabus harus memerhatikan dengan baik setiap biaya yang dikeluarkan, terutama untuk pengadaan pakan. Pakan sangat vital, sehingga kualitas pakan menjadi penentu keberhasilan, jangka waktu pemeliharaan dan total biaya pengeluaran.

Pakan yang digunakan untuk ikan gabus dapat berupa ikan rucah, limbah dapur, serangga dan pellet. Gunakan pellet sebagai asupan nutrisi utama sebab lebih mudah didapat dan kemungkinan kandungan nutrisinya lebih komplit. Gunakan pellet apung agar memudahkan monitoring ikan saat pemberian pakan dilakukan.

Sebagai pakan tambahan dapat diberikan secara teratur setiap beberapa hari sekali. Seperti pemberian ikan rucah sebanyak 10-15 % dari biomassa ikan. Ada pula yang mengatakan dapat diberikan rayap dan serangga sebagai alternatif pakan.

Karna ikan gabus cenderung karnivora maka kebutuhan proteinnya cukup tinggi. Gunakan pellet dengan kandungan protein 35 % agar pertumbuhan ikan menjadi lebih cepat.

Pemberian pakan dilakukan 2-3 kali sehari. Karena ikan gabus termasuk nokturnal maka dapat dilakukan pemberian pakan pada malam hari. Sehingga pembagiannya yaitu pagi, sore dan malam hari (20.00).

Pakan alami atau tambahan dapat diberikan pada waktu pagi dan sore hari. Jika diberikan pakan alami maka dosis pellet dapat dikurangi sesuai kebutuhan saja.

Pemeliharaan Kualitas Air

Walau pun ikan gabus sangat kuat daya tahan tubuhnya namun kualitas air yang buruk tetap dapat memengaruhi keberlangsungan hidupnya. Oleh karena itu dalam kolam yang padat ikan usahakan kualitas air selalu terjaga.

Lakukan penambahan air secara rutin untuk mengencerkan kandungan bahan dalam badan air. Dapat pula dilakukan penggantian sebagian atau seperempat ketinggian air jika dirasa menimbulkan bau dan air terlampau keruh.

Jika air terlalu hijau maka dominasi fitoplankton terjadi, ini berbahaya terutama pada malam hari sebab memicu penurunan do drastis. Oleh sebab itu lakukan penggantian sebagian air. Jika pH air terlalu asam lakukan penambahan kapur.

Jika kualitas air selalu dalam kondisi optimal makan hasil kemungkinan ikan terserang penyakit menjadi sangat kecil. Oleh sebab itu pastikan kualitas air selalu terjaga.

Peluang Usaha Budidaya Ikan Gabus Di Kolam Beton
Penggantian air dilakukan pada saat air berbau tajam dan terlalu pekat

Panen Ikan Gabus

Panen ikan gabus sudah dapat dilakukan pada umur 3 bula pemeliharaan. Untuk jangka waktu pemeliharaan sebenarnya disesuaikan dengan ukuran yang diinginkan. Sehingga banyak yang melakukan panen pada usia 5-6 bulan agar ukuran ikan juga lebih besar.

Namun semakin lama pemeliharaan semakin besar biaya dan resiko. Maka dapat dilakukan panen parsial dengan menyeleksi ikan yang cukup besar untuk dipanen lebih dulu. Sisa ikan kebali dipelihara hingga ukuran yang diinginkan.

Harga jual ikan gabus cukup mahal. Berkisar Rp 50.000 hingga Rp 80.000. Pastinya ini cukup mahal karena memiliki harga bahkan relatif setara dengan udang.

Panen baiknya dilakukan pada saat cuaca masih sejuk seperi pagi dan sore hari. Panen ikan harus dilakukan dengan cepat agar ikan tidak terlalu stres dan menghindari ikan terluka akibat saling bergesek.

Peluang Usaha Budidaya Ikan Gabus Di Kolam Beton

Budidaya ikan gabus mungkin masih cukup baru dilakukan atau belum lama populer. Masyarakat yang sadar dengan manfaat ikan gabus tentunya mulai mencari sumber pasokan ikan gabus. Tak heran pada beberapa daerah jumlah populasi ikan gabus yang sebelumnya sangat melimpah menjadi mulai menurun akibat eksploitasi. Disinilah peran pembudidaya untuk melihat potensi peluang. 

Ikan gabus yang dibudidaya tentunya lebih baik sebab dipelihara pada lingkungan terkontrol, sehingga resiko ikan tercemar atau mengonsumsi kotoran menjadi lebih minim. Hal ini tentunya menjadi potensi prospek budidaya ikan gabus.


Nah itulah ulasan mengenai Peluang Usaha Budidaya Ikan Gabus Di Kolam Beton. Selamat mencoba sahabat...!!

Post a Comment for "Peluang Usaha Budidaya Ikan Gabus Di Kolam Beton"