Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Usaha Budidaya Ikan Mas Di Kolam Terpal

Usaha Budidaya Ikan Mas Di Kolam Terpal

USAHA BUDIDAYA IKAN MAS DI KOLAM TERPAL

Jika berbicara mengenai budidaya ikan tentunya merupakan pembahasan yang tidak ada habisya bila diulas. Dengan melihat hasil yang diperoleh dari budidaya ikan membuat para peternak ikan makin bertambah. Seorang peternak ikan pun harus pintar dalam membudidayakan ikannya. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan, mulai dari pemberian pakan, jenis kolam yang digunakan, pemilihan benih ikan, dan lainnya.

Ikan mas merupakan komoditi air tawar yang cukup diunggulkan. Hingga saat ini ada banyak varietas ikan mas seperti sinyonya, mas malajaya, mas punten, mas koki dan lain sebagainya. Dan memang permintaan benih ikan mas selalu banyak setiap tahunnya, sehingga mendukung banyak balai untuk menyediakan varietas unggulan dan benih dalam jumlah banyak.

Keunggulan Budidaya Ikan Mas Kolam Terpal

Sebelum mengupas cara budidaya ikan mas terlebih dulu kita kenali keunggulan dan keuntungan memelihara ikan mas pada umumnya.

Ikan mas merupakan ikan konsumsi dengan tingkat SR relatif tinggi. Ikan mas mantap atau malajaya tahan penyakit dikenal mampu mencapai SR 90% atau diatasnya lagi.

Pada umumnya dapat dilihat ikan mas memiliki ukuran tubuh yang relatif besar. Sehingga sangat cocok menjadi ikan konsumsi.

Karena mas bersifat omnivora sehingga tidaklah sulit untuk menemukan pakan yang cocok. Ikan mas dapat mengonsumsi lumut yang tumbuh pada kolam, begitu pun dengan jasat renik pada dasar.

Mengonsumsi ikan mas memiliki manfaat bagi tubuh. Omega 3 pada daging ikan mas sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi ikan mas juga tak berisiko kolesterol tinggi.

Karena ikan ini memang sudah cukup terkenal, ada yang mengatakan ikan mas enak dikonsumsi, ada juga yang senang hanya memelihara ikan ini sebab memiliki warna yang menarik, cocok untuk jadi ikan hias saja.

Budidaya ikan mas kolam terpal memiliki beberapa keunggulan, terutama jika ikan ini nantinya diperuntukkan untuk tujuan konsumsi. Apa saja keunggulannya ?

  1. Pemeliharaan ikan dengan kolam terpal sangat praktis dan mudah dilakukan.
    Pemeliharaan dengan kolam terpal ikan mas terbilang praktis karena mudah dibersihkan karena umumnya berukuran tidak terlalu besar. Pengeluaran air juga dapat dilakukan dengan mudah karena setiap kolam terpal pastinya ada saluran pengeluaran.

  2. Harga kolam terpal lebih ekonomis
    Selain praktis juga kolam terpal terbilang sangat ekonomis. 1 set kolam terpal dijual cukup murah dengan variasi harga mulai Rp 500 ribuan bahkan bisa jadi lebih murah lagi. Umumnya kolam terpal punya jangka waktu yang relatif singkat seperti 2-5 tahun tergantung pada jenis dan kualitas bahan.

  3. Sangat fleksibel
    Budidaya dengan kolam terpal bisa dilakukan dimana saja, bahkan pada lahan yang sempit sekalipun. Selain itu jika terjadi hal tak diinginkan bisa saja kolam dikosongkan lalu dipindahkan ketempat lain, selama kolam masih layak pakai.

  4. Kolam terpal sudah tidak terpengaruh oleh kondisi tanah
    Tidak adanya tanah pada kolam terpal bisa menjadi poin plus maupun minus. Poin plusnya adalah kualitas tanah tidak lagi memengaruhi kondisi media budidaya, lumpur pada kolam menjadi sangat minim. Pada umumnya faktor pH tanah sangat memengaruhi air, dengan kolam terpal hal ini tidak menjadi pembatas lagi. Namun terkadang tanah mengandung banyak detritus alami sebagai pengurai, selain itu memudahkan pertumbuhan pakan alami.

  5. Ikan mas kolam terpal tidak berbau tanah
    Jika umumnya kondisi ikan mas hasil budidaya di kolam tanah pasti dagingnya ikut berbau tanah yang justru agak merusak cita rasa. Sebaliknya pada budidaya kolam terpal bau tanah pada daging sudah tidak ditemukan lagi.

  6. Pemeliharaan ikan lebih terkontrol
    Dengan kolam terpal akan memudahkan mengontrol dengan baik proses pemeliharaan ikan, mulai dari menjaga kondisi kolam, air yang selalu bersih, pakan yang terkontrol, maka hasil budidaya yang anda peroleh pun sangat memuaskan, hasil panen ikan lebih berkualitas.

  7. Suhu pada umumnya relatif stabil
    Suhu kolam akan terkontrol sendiri ketika anda menggunakan kolam terpal. Menggunakan kolam terpal dapat menjaga stabilitas suhu air kolam dari fluktuasi.

  8. Resiko terkena penyakit rendah
    Mengapa? Karena akan meminimalisir  dan mengurangi risiko oleh adanya hama dan gulma. Dan tidak akan terjadi penumpukan kotoran ikan yang menyebabkan kualitas air kolam kotor. Karena tidak ada tanah sehingga pembersihan kotoran pada dasar mudah dilakukan, seperti melakukan penyiponan.

  9. Mudah dalam panen
    Praktis dan mudah dalam panen. begitulah keunggulan kolam terpal, panen cukup mudah, cukup menguras air dari dalam kolam dengan membuka saluran pembuangan air dengan cepat meninggalkan kolam.
Usaha Budidaya Ikan Mas Di Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Mas Di Kolam Terpal

Cara budidaya ikan mas tidak terlalu jauh dari budidaya ikan lainnya seperti ikan lele dan ikan nila. Budidaya ikan mas konsumsi jauh lebih mudah dibanding budidaya ikan mas hias, dan tidak membutuhkan modal yang besar. Anda bisa beternak ikan mas di rumah anda sendiri dengan menyediakan kolam yang pas dengan kondisi rumah anda. Jika tidak terdapat lahan yang cukup luas maka kolam terpal dapat menjadi solusi.

Tahap-tahap budidaya ikan mas kolam terpal seperti halnya pada umumnya meliputi persiapan kolam, pemasukan air, pengapuran, pemupukan, penebaran benih, tahap pemeliharaan, panen dan pasca panen.

Persiapan Kolam Terpal

Jika baru memulai budidaya mas dengan kolam terpal maka persiapan kolam cukup dilakukan dengan mencuci terpal dengan air bersih kemudian dikeringkan sebentar. Kemudia kolam diisi dengan air hingga penuh untuk dilakukan pengamatan jika terdapat bagian yang mengalami kebocoran.

Secara umum persiapan kolam dilakukan meliputi pengeringan, pembersihan, penyikatan, dan konstruksi wadah. Jika kolam dirasa aman maka dapat dilanjutkan untuk tahap selanjutnya.

Pemasukan Air 

Sumber air yang digunakan bisa berasal dari sumur, sungai maupun air dari pengairan. Hanya saja pastikan air tidak tercemar. Pemasukan air pertama dilakukan pertama hingga ketinggian setengah kolam, kemudian diamkan selama beberapa waktu. Biasanya air yang dimasukkan akan siap digunakan setelah 1-2 hari setelah didiamkan.

Pengapuran dan Pemupukan

Sebelumnya sempat dibahas Tahap persiapan kolam. Pengapuran dan pemupukan dilakukan pada saat yang bersamaan. Caranya adalah dengan melarutkan kedalam ember yang berisi air lalu ditebar secara merata pada seluruh bagian kolam.

Dosis penggunaan pupuk maupun kapur biasanya disesuaikan pada petunjuk di kemasan. Usahakan menggunakan pupuk organik jika memungkinkan sebab jauh lebih ramah lingkungan. Jika menggunakan pupuk kandang, penebaran dapat dilakukan sebelum pemasukan air. Bisa juga dengan dilarutkan kedalam air lalu ditebar.

Pemupukan yang berhasil ditandai dengan warna air yang berubah agak kehijauan. Hal ini bisa menjadi indikator pertumbuhan pakan alami. Pengapuran berfungsi untuk menaikkan pH air. Derajat keasaman pada air tawar biasanya lebih rendah (< 7) oleh sebab itu perlu dilakukan pengapuran. Umumnya pH yang baik berkisar antara 6,5-8.

Usaha Budidaya Ikan Mas Di Kolam Terpal
Dengan bantuan sinar matahari media yang telah diberi pupuk akan menumbuhkan pakan alami berupa plankton dan organisme renik lainnya

Penebaran Benih Ikan Mas

Pilihlah benih ikan mas yang sehat yakni tidak cacat, tidak ada luka, bergerak aktif dan peka terhadap rangsangan. Biasanya benih ikan mas yang baik harus berasal dari induk yang baik. 

Umumnya benih ikan mas banyak diperoleh dari pembenihan tradisional di kolam tanah. Benih tersebut jika dipelihara di kolam terpal terkadang ikan menjadi mudah mati atau sulit menyesuaikan. Maka sebelum dipelihara ada baiknya benih di pelihara sementara pada bak lain. Selain memastikan benih bebas patogen dan untuk memantau kesehatan ikan.

Jika dirasa benih sudah cukup sehat maka dapat segera ditebar. Seperti biasanya penebaran dilakukan pada saat suhu relatif sejuk sperti pada pagi atau sore hari.

Syarat melakukan penebaran benih adalah air kolam harus sudah siap terlebih dulu. Warna agak hijau pada air menandakan plankton telah tumbuh. Artinya kolam sudah tersedia pakan alami bagi benih ikan.

Media budidaya ini biasanya baru siap digunakan setelah 3-4 hari pasca pemupukan dilakukan. Namun bisa jadi lebih jika kondisi kolam tidak terkena sinar matahari.

Usaha Budidaya Ikan Mas Di Kolam Terpal

Tahap Pemeliharaan Ikan Mas Di Kolam Terpal

Sangat praktis memelihara ikan mas pada kolam terpal. Pemberian pakan dilakukan secara rutin 2 kali sehari. Bisa dilakukan secara satiasi yaitu memberi makan ikan hingga kenyang. Namun bisa pula dilakukan dengan dosis 3-5% dari biomassa. Pakan diberikan pada pagi dan sore hari. Bisa pula diberikan tambahan pakan sebab ikan ini merupakan omnivora atau pemakan segala.

Ikan mas memiliki sifat suka mencari makan di dasar dengan mengaduk-aduk dasar kolam sehingga tak heran air akan cenderung keruh. Meski sering mencari makan di dekat dasar ikan mas tetap terbiasa makan di dekat permukaan. Oleh sebab itu bisa menggunakan pellet apung sebagai pakan.

Ikan mas sangat menyukai lumut, sehingga pakan alami ini perlu ditumbuhkan. Caranya adalah dengan pemupukan diawal pemasukan air.

Monitoring ikan dilakukan pada saat pemberian pakan. Ikan yang sehat memiliki respon baik terhadap pakan yang diberikan. Jika terdapat ikan mas yang memisahkan diri dan sering berenang dekat permukaan maka segera pisahkan dan masukkan ke dalam kolam terpisah dari ikan lainnya. 

Kesehatan ikan sangat erat kaitannya dengan kualitas air. Jika air baik maka ikan pastinya akan sehat. Lakukan penambahan dan penggantian sebagian air secara rutin atau pada saat air tercium bau tidak sedap.

Untuk menunjang kesehatan ikan maka dapat dilakukan pemberian probiotik dan prebiotik. Probiotik merupakan bakteri yang berguna untuk membantu memperbaiki kualitas air. Selain itu probiotik juga berguna bagi kesehatan ikan sebab berperan dalam pencernaan ikan mas.

Untuk menjaga kualitas air dapat diterapkan sistem akuaponik. Atau menggunakan pompa yang dihubungkan dengan filter air. Dengan maksud untuk membersihkan air atau sisa kotoran di dasar kolam.

Jika didapati ikan sakit maka dapat dilakukan pemberian obat. Namun kenali dulu jenis penyakit yang diderita oleh ikan. Seperti kasus penyakit KHV (Koi Herves Virus) yang sangat fatal bagi ikan mas karena memicu kematian massal. Penyakit ini akan berkembang dengan baik ketika suhu relatif rendah kisaran 15-27 Celcius. 

KHV belum memiliki obat yang efektif, namun cara pencegahan adalah dengan meningkatkan kekebalan tubuh ikan. Caranya dengan pemberian Cromium yeast yang dicampur pada pakan ikan.

Panen Ikan Mas Di Kolam Terpal

Selain praktis dalam pemeliharaan dan persiapan, panen pada kolam terpal juga cukup mudah dilakukan. Kolam terpal umumnya berukuran tidak terlalu besar dan dasar kolam yang umumnya rata sehingga proses pengeluaran air dan panen menjadi lebih mudah.

Cara panen adalah dengan membuka saluran pengeluaran air hingga air pada kolam yang tersisa sekitar 20-30 cm saja. Tinggi air yang demikian memudahkan dalam memanen ikan menggunakan jaring atau seser. Jika air terlalu tinggi justru akan sulit memanen dan akan memakan waktu lama. Jika panen terlalu lama dapat membuat ikan menjadi terlalu stres sehingga belum sampai ke tangan konsumen ikan sudah mati.

Ikan air tawar biasanya di jual dalam kondisi masih hidup. Oleh karena itu pastikan panen dilakukan secara cepat dan tepat.

Gunakan jaring atau seser yang baik agar tidak mudah melukai ikan. Dan paling penting adalah waktu panen harus dilakukan pada saat cuaca teduh atau sejuk. Biasanya pada saat pagi, sore dan malam hari.

Biasanya panen baru dilakukan ketika sudah mendapat konsumen atau pembeli. Sebelum itu ikan dipanen dan dilakukan pemberokan atau ikan di puasakan selama sehari. Ini bertujuan untuk mengurangi sisa metabolisme ikan pada saat di packing.

Usaha Budidaya Ikan Mas Di Kolam Terpal

Itulah ulasan mengenai Usaha Budidaya Ikan Mas Di Kolam Terpal. Selamat mencoba !!

Post a Comment for "Usaha Budidaya Ikan Mas Di Kolam Terpal"