Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Manfaat Memelihara Ikan Cupang Di Rumah Sebagai Ikan Hias

Manfaat Memelihara Ikan Cupang Di Rumah - Unik, cantik, kaya warna, warna menarik, bentuk tubuh elok dan agresif mungkin itulah kesan yang ditemukan pada Ikan cupang. Warna tubuh yang sangat mencolok menjadi daya tarik untuk menjadikan ikan cupang sebagai pengisi akuarium.

Apa manfaat memelihara ikan cupang? kadang banyak Orang juga bertanya mengenai hal ini. Mengapa orang menyukai ikan cupang? padahal banyak kok ikan hias lainnya yang lebih mahal. Memangnya Apa manfaat memelihara IKAN di rumah ? dan kalau memeliharanya kadang bikin bingung juga. Seperti Perlukah aerator untuk cupang? ikan inikan kuat.

Ikan cupang termasuk ikan yang sangat berkelas, mengapa ? Anda bisa menemukan peminat ikan ini di berbagai daerah. Ikan endemik asia tenggara ini tidak hanya terkenal di daerah sendiri. Dalam skala mancanegara ikan ini sudah sangat dikenal. Daerah distribusi peminat ikan cupang bahkan sudah mencapai Eropa dan Amerika. Tentu hal ini bisa menjadi keuntungan memelihara ikan hias.

Sebagai ikan hias ikan cupang tergolong yang sangat populer. Bentuk kepopuleran ini bisa anda lihat dari banyaknya kontes ikan cupang. Bukan hanya dalam skala nasional, peserta kontes ikan cupang bahkan ada yang berasal dari negara-negara lainnya. 

Warna tubuh ikan cupang tergolong sangat menarik dan begitu mencolok. Meski ada berbagai varian warna, salah satu yang paling menarik adalah warna merah. Pastinya kesan warna mencolok ini menambah keindahan ikan ini. Jika kita mellihat filosofi orang cina yang menganggap warna merah sebagai 'ong' maka tentunya ikan cupang bisa saja membawa kebaikan, fungsi dan keuntungan. 

Baca ini juga sobat :  Mengenal Ikan Cupang (Betta sp.) Serta Fakta Uniknya

Tapi itu adalah filosofi. Tapi faktanya memang demikian loh.. memelihara ikan hias cupang memiliki manfaat bagi pemiliknya. Hanya saja apakah sebagian orang sadar akan keuntungan memelihara ikan cupang. 

Lantas apasih faedah memelihara ikan cupang sebagai hiasan akuarium ?

Manfaat Memelihara Ikan Cupang Di Rumah Sebagai Ikan Hias

Manfaat Dari Memelihara Ikan Cupang Di Rumah

Tanpa kita sadari, terkadang kita hanya melewatkan sebuah peluang, sebuah keuntungan, mafaat, faedah yang bisa kita temukan dan dapatkan dari melakoni sesuatu. Tentunya jika dilakukan dengan serius dan sepenuh hati.

Misalnya saja memelihara ikan hias, seperti ikan cupang. Mengapa orang begitu banyak yang meminati ikan ini, apanya yang spesial ? 

Ada banyak manfaat memelihara ikan hias seperti ikan cupang. Kalau ditanya jelaskan manfaat ikan hias cupang maka jawab saja bisa mendatangkan keuntungan. Keuntungan memelihara ikan hias yaitu selain memberi keuntungan tentunya juga menghilangkan stres, terlebih jika itu adalah hobi anda. 

Nah kali ini kita secara sederhana saja akan mengulas mengenai manfaat memelihara ikan cupang di rumah.

Memelihara Ikan Cupang Sebagai Penghilang Stres

Banyak orang yang memelihara ikan hias di dalam rumah karena merupakan hobi atau kesukaan mereka. Tentunya jika itu adalah hobi akan mendatangkan keuntungan bagi pemiliknya, yakni kepuasan batin misalnya.

Manfaat ikan hias yang pertama adalah mampu meringankan stres atau membuat penikmatnya menjadi lebih rileks. Setidaknya ini yang dibahas di helloshat.com yang dikatakan bahwa memandangi ikan hias saja bisa menurunkan atau mengurangi stres. Hal ini terlihat pada detak jantung dan tekanan darah yang ternyata terjadi penurunan setelah melihat ikan hias.

Setidaknya itulah pendapat peneliti...

Tapi dalam kehidupan hal ini memang benar adanya. Tentunya kita akan merasa senang dan tenang melihat ikan hias dengan warna menarik berenang dengan santainya di dalam sebuah akurium. Hal ini terkadang menjadi bentuk relaksasi bagi kita.

Bagi penghobi tentunya perasaan senang itu wajar melihat apa yang mereka senangi. Seperti ikan hias cupang, ditambah lagi ikan cupang memiliki warna yang membuatnya sangat cantik. Bentuk tubuh yang sangat anggun dengan sirip panjang membuatnya semakin lengkap di dalam akuarium.

Banyaknya Kontes Ikan Cupang

Saking banyaknya peminat ikan cupang maka diadakan kontes untuk menilai kualitas ikan cupang. Hal ini tentunya menjadi keuntungan memelihara ikan hias di rumah Bukan hanya untuk penghilang stres namun hobi memelihara ini juga bisa disalurkan dalam bentuk kontes.

Bagi penghobi ikan hias cupang tentunya mengoleksi ikan dengan jumlah banyak sangat lumrah dilakukan. Karena saking senangnya melihat ikan cupang tak heran banyak orang-orang mengoleksinya dari berbagai jenis, kualitas dan kriteria yang sesuai keinginan.

Nah kini tidak hanya untuk koleksi ikan hias tersebut bisa dilombakan dengan melihat beberapa aspek penilaian yang tentunya mengutamakan keindahan ikan cupang tersebut. 

Jika memenangkan sebuah kontes tentunya akan memberikan untung bagi pemiliknya. Ada sejumlah hadian yang bisa diperoleh. 

Bukan hanya sekadar hadiah, ikan cupang yang sudah pernah memenangkan sebuah kontes tentu harga jualnya akan naik berkali-kali lipat. Hal ini pastinya menjadi kebanggan tersendiri bagi pemiliknya.

Dari Hobi Menjadi  Sumber Penghasilan

Banyak orang yang menyarankan kerjakan apa yang kamu cintai ! Seperti itu pula kesan yang cocok menggambarkan keberuntungan sebagian besar penghobi ikan cupang yang memang serius memelihara ikan ini. 

Ada seorang pria asal Palembang yang bahkan berhasil mengekspor ikan cupang hingga ke Eropa. Tentunya ini adalah sebuah pencapaian yang luar biasa. 

Ada banyak kisah orang sukses yang hanya berbekal berjualan ikan hias cupang. Ingat banyaknya peminan menjadi peluang usaha bagi anda.

Jadi tak heran memelihara ikan cupang begitu bermanfaatnya.

Ikan cupang memiliki banyak sekali varian, jenis yang pastinya memiliki penilaian yang menonjolkan kelebihan masing-masing jenis. Ada ikan cupang yang memiliki harga cukup terjangkau dan bahkan ada ikan cupang yang memiliki harga sangat mahal.

Ikan cupang liar yang biasa ditemukan di rawa atau selokan mungkin memiliki harga yang relatif terjangkau, tapi bagaimana dengan jenis Half moon yang terbilang sangat glamor dengan warna dan sirip yang sangat indah.

Ikan cupang bahkan bukan hanya untuk tujuan hias, ada juga yang dilombakan untuk tujuan tanding. Seperti halnya sifat alami ikan ini yang agresif. Tentunya ini bisa menjadi peluang usaha bagi anda. Jika ada kontes jangan heran jika banyak yang mulai memburu jenis ikan cupang ini.

Manfaat Memelihara Ikan Cupang yang Lebih Mudah Dibandingkan Ikan Hias Lainnya

Apakah anda setuju dengan pernyataan ikan cupang jauh lebih mudah dipelihara dibandingkan dengan ikan hias lainnya ?

Secara pribadi saya mau mengatakan setuju dengan pernyataan ini. Ikan cupang tergolong ikan yang tahan banting (Daya tahan hidup kuat) dibandingkan dengan ikan hias lainnya. Terkesan biasa jika kita melihat ikan ini dipelihara dalam botol-botol kaca yang bahkan tidak diberi aerasi. 

Untuk pemberian pakan juga ikan cupang tergolong tidak ribet karena ikan ini hanya mengonsumsi jentik nyamuk, cacing sutra, kutu air dan beberapa jenis pakan alami lainnya.

Keuntungan lainnya memelihara ikan cupang adalah anda tidak perlu terlalu ribet-ribet menyediakan ini dan itu agar ikan tidak mudah tersrang penyakit atau agar ikan stres. Cukup sediakan kondisi lingkungan yang sebisa mungkin mirip kondisi di alam dan pastikan bebas dari kotoran.

Memelihara Ikan Cupang Tidak Merusak Lingkungan

Perbedaan memelihara ikan hias dan ikan konsumsi adalah dampaknya terhadap lingkungan. Ikan hias dipelihara dalam akuarium dengan kontrol yang baik cenderung menghasilkan limbah yang sangat sedikit dan tidak begitu berpengaruh terhadap lingkungan.

Berbeda dengan ikan konsumsi yang tergolong butuh banyak perlakuan, kontrol dan tindakan. Salah satunya adalah pemberian pakan yang banyak diperlukan dalam pemeliharaan ikan konsumsi. Hal ini secara tidak langsung menghasilkan limbah dalam jumlah besar yang berbahaya bagi lingkungan.

Memelihara ikan cupang di lingkungan rumah juga memiliki keunggulan yang pastinya sangat bermanfaat bagi manusia. Kenapa ?

Di alam ikan cupang mengonsumsi jentik, berbagai kutu air. Jentik adalah bentuk anakan nyamuk. Jika populasi jentik dapat ditekan dan duhilangkan tentunya imbasnya adalah kepada orang disekitar lingkungan tersebut.

Jadi jangan ragu membuat saluran air khusus untuk diisi dengan ikan cupang. Atau jangan ragu mengisi kolam dengan ikan cupang sebab secara alami ikan ini menjalankan tugasnya yang berimbas baik bagi manusia.

Manfaatnya Sebagai Hiasan Dalam Rumah

Anda pasti sudah sangat sering melihat ikan cupang dipelihara dalam botol. Ini merupakan keuntungan yang bisa diperoleh dengan memelihara ikan cupang.

Tidak perlu menyediakan akuarium, anda bisa menghiasi ruang tamu atau ruang pribadi dengan botol kaca yang berisi ikan hias yang sangat cantik ini.

Penutup

Pada intinya manfaat memelihara ikan cupang di rumah sebagai ikan hias yakni mampu menghilangkan stres, ikan yang dipelihara dapat diikutkan kontes ikan, bisa menjadi sumber penghasilan karena banyaknya peminat, serta pemeliharaan ikan ini terbilang sangat mudah dibandingkan ikan hias pada umumnya yang terbilang sangat ribet dan butuh banyak perhatian khusus.

Post a Comment for "Inilah Manfaat Memelihara Ikan Cupang Di Rumah Sebagai Ikan Hias"