Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Budidaya Air Tawar yang Menguntungkan dan Banyak Diminati

Ada beragam budidaya ikan air tawar yang paling menguntungkan dan sangat layak untuk digeluti. Bukan hanya ikan laut yang populer di masyarakat, nyatanya ikan-ikan air tawar juga sangat banyak peminatnya.

Permintaan pasar terhadap ikan konsumsi terus meningkat. Hingga kini ikan dianggap menjadi salah satu nutrisi yang sangat baik bagi pertumbuhan anak karena kandungan protein dan omega 3. 

Selain itu minyak ikan dapat menjadi sumber nutrisi tambahan utamanya bagi anak-anak. Oleh sebab itu merintis usaha dibidang budidaya perikanan menjadi salah satu hal yang menjanjikan upah yang baik.

Sayangnya produksi perikanan dalam negeri sendiri masih belum mampu memenuhi kebutuhan ikan untuk konsumsi. Hal ini seharusnya menjadi tantangan untuk menggeluti bisnis perikanan.

Merintis usaha dibidang budidaya perikanan memiliki nilai keuntungan yang cukup menjanjikan. Waktu pemeliharaan untuk beberapa ikan tidak terlalu lama sehingga menjadi peluang usaha yang menjanjikan. 

Selain itu terdapat beragam jenis ikan yang dapat dipilih sebagai komoditi usaha. Pemilihan komoditi dapat disesuaikan dengan target pasar dan jumlah permintaan pasar.



Baca : Potensi Budidaya Air Tawar

Jenis Budidaya Air Tawar yang Menguntungkan dan Banyak Diminati

Cara budidaya ikan air tawar cepat panen menjadi salah satu alasan banyak petani yang tergoda. Disamping memang peminat ikan air tawar tidak sedikit, rata-rata ikan air tawar merupakan jenis ikan yang cepat panen.

Terdapat beberapa jenis budidaya air tawar yang cukup menjanjikan hasil. Banyak orang mencari jenis komoditi yang layak untuk dibudidayakan, berikut adalah ulasan beberapa jenis budidaya air tawar yang bisa dipilih :

1. Budidaya Ikan Lele

Budidaya lele merupakan suatu inisiatif masa kini untuk mengurangi anggapan ikan ini tidak sehat. Maka dengan melakukan budidaya segala kebiasaan lele yang dianggap jorok bisa dihilangkan.

Budidaya lele masa kini telah mencapai tahap perkembangan yang sangat baik. Ikan lele sangat digemari masyarakat karena rasanya dagingnya yang gurih dan lembut. Sehingga tak heran ikan ini mulai sering dicari pembeli.

Mengenai hal tersebut memberikan gambaran mengenai prospek usaha yang menjanjikan untuk budidaya lele. Budidaya lele dapat dilakukan di lahan yang sempit dengan metode pemeliharaan yang mudah. Selain itu dengan modal yang sedikit anda sudah bisa memulai budidaya lele skala mini. Seperti pada budidaya ikan lele di ember (Budikdamber).

2. Budidaya Ikan Nila

Komoditi nila memiliki banyak peminat dikalangan pembeli. Tak heran kenapa banyak budidaya ikan air tawar yang dilakukan memilih komoditi nila. Nila memiliki daya tarik karena rasanya yang banyak disukai. Disamping itu nila memiliki produktifitas yang tinggi jika dibudidayakan dengan baik dan benar.

Ikan nila memiliki ketahanan tubuh yang sangat baik sehingga proses budidayanya terbilang mudah. Ikan ini bagi pembudidaya dikenal tahan banting, sehingga untuk calon pembudidaya muda menjadi komoditi yang sangat tepat untuk memulai bisnis budidaya.

3. Budidaya Ikan Mas

Jika kita berkunjung ke daerah yang menerapkan mina padi maka ikan mas akan mudah dijumpai. Ikan mas menjadi lebih akrab dikalangan masyarakat dan sering dicari dipasaran.

Beberapa metode budidaya sangat cocok untuk ikan mas, selain mina padi budidaya kolah air deras juga dapat dilakukan. Ikan yang dihasilkan pun jauh lebih besar dan sehat. Waktu pemeliharaan hingga panen cukup singkat, yakni 5 bulan sudah siap panen. Adapun untuk pemasaran juga sangat muda karena diminati setiap kalangan masyarakat.

Budidaya ikan mas sudah banyak dilakukan oleh pembudidaya. Salah satunya adalah budidaya ikan mas di kolam terpal yang sangat populer saat ini.

4. Budidaya Ikan Patin

Ikan patin memiliki ukuran yang cukup besar dan rasanya yang enak, tak heran ikan ini sering dijadikan santapan utama diberbagai rumah makan di Indonesia. Namun kebanyakan pemenuhan ikan ini diambil dari import, mengapa ? ikan patin yang dibudidayakan oleh negara luar memiliki ukuran yang besar besar dibanding produk dalam negeri. Tentu hal ini seharusnya menjadi tantangan bagi pembudidaya untuk mulai mengembangkan sektor budidaya patin.

Selain sebagai bahan konsumsi, ikan patin juga kerap dicari oleh para pemancing, oleh karena itu peluang bisnis ikan ini cukup terbuka lebar. 

5. Budidaya Udang Galah

Udang galah adalah udang yang dipelihara di air tawar. Udang ini memiliki ukuran yang besar dan bentuk yang menyerupai lobster, sehingga kerap disebut lobster air tawar.

Untuk prospek bisnis udang selalu memberikan hasil yang memuaskan. Udang banyak dicari untuk diolah di rumah-rumah makan. Peminat udang pun cukup banyak dari berbagi kalangan. Sehingga menjadikan udang salah satu komoditi usaha yang mulai banyak diminati pembudidaya.

6. Budidaya Ikan Gurame

Ikan gurame merupakan salah satu komoditi andalan dalam budidaya air tawar. Gurame banyak diminati oleh masyarakat lokal sebab memang memiliki rasa yang gurih. Ikan ini juga mempunyai tubuh yang besar dan daging yang tebal. Karena rasa yang gurih dan nikmat ikan ini kerap dicari untuk kebutuhan kuliner. 

Banyaknya peminat ikan gurame membuat permintaan ikan ini juga cukup tinggi. Sehingga tak heran jika harga ikan Gurame terbilang cukup mahal. 

Budidaya gurame banyak dilakukan pada kolam-kolam tanah. Untuk satu siklus budidaya gurame juga membutuhkan waktu yang cukup lama. Sekitar 10-12 bulan baru diperoleh ikan Gurame yang sesuai dengan ukuran dan permintaan pasar.

Namun bukan hanya pembesaran bisnis pembenihan juga sangat menjanjikan. Berikut ini cara pembenihan ikan gurame secara alami yang juga banyak dilakoni pembudidaya. Tentunya peningkatan konsumsi menuntut ketersediaan benih yang berkualitas yang diperoleh dari unit pembenihan.

7. Budidaya Ikan Koi

Ikan koi merupakan sejenis ikan hias yang sangat banyak disukai. Koi banyak dibudidayakan bukan untuk tujuan konsumsi melainkan permintaan ikan hias.

Ikan koi memang memiliki tubuh yang cantik dengan variasi warna yang cukup menawan. Tak heran jika setiap rumah yang memiliki kolam ikan hias pasti memiliki ikan koi didalamnya.

Permintaan pasar untuk ikan koi sangat banyak datang dari luar Indonesia. Negara yang menjadi tujuan ekspor ikan koi diantaranya adalah China dan Jepang. Pada negara tersebut ikan koi memiliki nilai lebih selain hanya sebagai ikan hias, yakni adanya kepercayaan ikan ini membawa keberuntungan.

Di negara Jepang ikan koi juga cukup menjadi primadona. Khususnya ikan koi dengan warna tubuh putih dan sebuah bercak merah di kepala yang menyerupai warna bendera kenegaraan.

Dengan potensi demikian tentunya budiaya ikan koin menjadi sangat menarik. Tak heran jika kebutuhan benih yang terus meningkat. Adapun tips pemijahan induk ikan koi secara alami dapat membantu pembudidaya mengatasi permasalahan benih yang berkualitas.

8. Budidaya Ikan Baung

Baung merupakan ikan air tawar yang memiliki bentuk menyerupai ikan patin dan termasuk dalam ikan endemik dari pulau Sumatra. 

Budidaya ikan baung saat ini tengah banyak dikembangkan sebab mulai banyak orang menyukai olahan ikan baung. Meskipun cara untuk membudidayakan ikan ini terbilang agak rumit namun nilai jual ikan ini di pasar cukup mahal. Untuk 1 Kg ikan baung dapat dijual seharga Rp 40.000 - 50.000.

Permintaan ikan baung tidak hanya berasal dari pulau sumatra, namun juga mulai berasal dari daerah lain seperti jawa dan kalimantan.

9. Budidaya Ikan Gabus

Dulu ikan gabus dianggap sebagai hama karena keberadaannya sebagai predator bagi ikan budidaya yang berukuran lebih kecil. Juga ikan menjadi kompetitor ikan yang dibudidayakan.

Namun karena manfaat yang dimiliki ikan gabus sehingga mulai banyak orang yang tertarik untuk membudidayakannya. Ikan gabus memiliki kandungan nutrisi yang kaya akan protein dan albumin yang mampu mempercepat penyembuhan luka dan menjaga daya tahan tubuh.

Untuk usaha Budidaya ikan gabus di kolam terpal yang banyak dilakukan saat ini masing tergolong terbatas dan belum banyak yang mengetahui. Sedangkan permintaan ikan ini sebenarnya cukup banyak. Walau bukan menjadi andalan dalam olahan kuliner namun untuk kebutuhan medis ikan ini sebenarnya cukup banyak dicari.

10. Budidaya Ikan Bawal

Salah satu ikan yang sudah terkenal sejak dulu adalah ikan bawal. Sama seperti gurame ikan ini juga snagat diminati karena rasanya yang nikmat. Tak heran jika budidaya ikan ini tetap eksis hingga sekarang.

Ikan bawal menjadi komoditi yang menarik untuk dibudidayakan sebab pertumbuhannya relatif cepat dan nafsu makan yang tinggi. Ikan ini termasuk jenis ikan karnivora, namun juga ada yang menyebutnya omnivora sebab kebiasaannya yang rakus terhadap makanan.

Bawal bukanlah ikan endemik Indonesian meski demikian bawal tetap dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Ikan ini selain untuk tujuan konsumsi juga bibitnya dapat dijadikan ikan hias. Pada awal kedatangan ikan bawal memang bertujuan sebagai komoditi ikan hias.

11. Budidaya Sidat

Sidat sudah sangat terkenal dikalangan masyarakat pribumi. Banyak yang mengenal ikan ikan ini dengan sebutan "masapi". 

Sidat secara morfologi memiliki bentuk menyerupai belut hanya saja berukuran jauh lebih besar dan memiliki 2 sirip didekat kepala dan sirip renang yang memanjang dari punggung hingga ke ekor dan anus.

Sebenarnya sidat saat ini sudah cukup jarang dijumpai. Permintaan ikan ini cukup tinggi dan masih kurangnya unit pembudidaya menyebabkan sidat sempat terancam punah. Oleh sebab sekarang ini melalui balai pemerintah sudah banyak mensosialisasikan budidaya sidat.

Untuk permintaan pasar sebenarnya cukup luas. Sidat sangat terkenal di beberapa negara terutama Jepang, China dan Korea yang menjadi penikmat seafood.

12. Budidaya Belut Sawah

Hewan sawah yang memiliki kandungan nutrisi tinggi ini masih cukup jarang dibudidayakan. Padahal belut memiliki segmen pasar yang cukup luas. Meski pada beberapa kalangan ada yang masih belum familiar dengan belut namun untuk tujuan ekpor belut sawah ternyata cukup banyak.

Cara budidaya belut memang belum banyak diketahui. Habitat alami belut yang suka membuat sarang dalam tanah menjadi salah satu kesulitan dalam budidaya belut.

Namun saat ini sudah mulai banyak yang mencoba budidaya belut skala rumah tangga menggunakan kolam terpal dan ember.

Baca Juga artikel menarik berikut ini sebagai penambah wawasan buat anda :

Nah itulah beberapa jenis komoditi budidaya air tawar. Keberhasilan suatu budidaya sebenarnya bukan bergantung pada komoditi yang diusahakan, namun bergantung pada pembudidaya itu sendiri. Indikator keberhasilan dapat dilihat dari bagaimana cara perawatan yang baik dan aspek pemasaran yang jelas.

Post a Comment for "Jenis Budidaya Air Tawar yang Menguntungkan dan Banyak Diminati"